S E N S I N G T H I N K I N G I N T U I T I N G F E E L I N G I N S T I N G
News | Event Schedule | Customer | Gallery Foto | Gallery Video

News
Gayus Tambunan dari Sidik Jarinya Kelihatan Jago Lobi
Liputan6.com, Jakarta : Tentu Anda tahu siapa Gayus Halomoan Tambunan. Pria yang tersandung..
Analisa sidik jari bukan ramalan !!!
Analisa sidik jari bukan ramalan yang dilakukan oleh dukun. Perbedaannya adalah :..
Batik Bermotif Sidik Jari Anak Indonesia
Setiap warga negara Indonesia, tak terkecuali anak-anak, punya kewajiban untuk melestarikan batik. Untuk..
Fakta tentang sidik jari manusia
Setiap manusia memiliki ciri sidik jari yang unik dan berbeda antara satu orang..
Agar Bisa Pahami Anak Autis, Coba Gunakan Analisa Sidik Jari!
Liputan6.com, Jakarta : Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan anak autis..
Subhanallah, Inilah Mukjizat Alquran tentang Sidik Jari Sebagai Identitas
REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang, termasuk mereka yang terlahir kembar identik, memiliki pola sidik jari..
Liputan6.com
Agar Bisa Pahami Anak Autis, Coba Gunakan Analisa Sidik Jari!
Liputan6.com, Jakarta : Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan anak autis sekaligus ingin mengetahui kemampuan, bakat terpendamnya, analisa sidik jari jawabannya. Ahli analisis sidik jari dari Talents Spectrum,..
REPUBLIKA.CO.ID
Subhanallah, Inilah Mukjizat Alquran tentang Sidik Jari Sebagai Identitas
REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang, termasuk mereka yang terlahir kembar identik, memiliki pola sidik jari yang khas dan berbeda satu sama lain. Itulah sebabnya, sidik jadi menjadi tanda pengenal manusia untuk membedakan..
TEMPO.CO
Nafas Sama Unik dengan Sidik Jari
 Zurich-Udara yang keluar bersama hembusan nafas sama unik dengan sidik jari. Nafas dipakai untuk mendiagnosis penyakit.Peneliti kimia Swiss Federal Institute of Technology, Renato Zenobi, mempelajari nafas 11 orang dewasa sehat...
Analisa sidik jari bukan ramalan !!!
Analisa sidik jari bukan ramalan yang dilakukan oleh dukun. Perbedaannya adalah : Tes sidik jari mengunakan ilmu DERMATOGLYPHICS dan peramal mengunakan ilmu PALMISTRY Tes sidik jari bertujuaan mengungkap Potensi..
Fakta tentang sidik jari manusia
Setiap manusia memiliki ciri sidik jari yang unik dan berbeda antara satu orang dengan lainnya. Keunikan sidik jari baru ditemukan pada abad 19. Sebelum penemuan itu, sidik jari hanya dianggap..
Articles Info STIFIn

Uji Bakat Bisa Lewat Sidik Jari

SRIPOKU.COM
Oleh: admin (05/10/13 08:42:42)

PALEMBANG - Mengetahui kemampuan dan potensi siswa tak harus dengan uji kecerdasan atau tes Intelegensia, ternyata bisa juga dilakukan melalui uji sidik jari. Prosesnya hanya lima menit dan hasilnya langsung diketahui.

Perwakilan Optima Brain Palembang, Siska di kantor Yayasan Methodist 2 Palembang mengatakan, uji sidik jari sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Namun memang di Palembang belum terlalu dikenal di masyarakat. Ini merupakan alat penguji yang didatangkan langsung dari Singapura. Siswa hanya wajib menunjukkan sidik jari, kanan maupun kiri. Lalu layar monitor langsung merekam sidik jari berdasarkan garis genetik yang sudah direkam. Garis genetik inilah, kata Siska, yang langsung bisa dibaca.

Adapun hasil uji, berupa delapan jenis karakter kecerdasan, yakni multiplay intelegensia, linguistik atau kemampuan pengenalan bahasa, logic smart atau kemampuan ilmu perhitungan pasti seperti matematika, matural sains atau kemampuan pengenalan ilmu-ilmu alam dan pastu, people smart atau kemampuan komunikasi atau hubungan kemayarakatan, bakat musik atau musik smart,  body smart atau kemampuan pengembangan olahraga atau olah tubuh dan picture smart atau pengembangan imaginasi.

"Delapan kriteria inilah yang langsung terbaca oleh sistem ini. Begitu anak meletakkan sidik jarinya maka akan langsung diketahui, kemampuan apa yang menonjol dari diri anak maupun siswa," kata Siska.

Dengan ini, lanjut Siska, orang tua bisa langsung melakukan pengarahan atau spesialisasi ilmu yang sesuai dengan anak maupun siswa. Misal dalam satu tes, ternyata ikemampuan natural sains anak yang menonjol, maka sebaiknya pemilihan sekolah anak yang tepat, khususnya lebih dalam untuk ilmu-ilmu pasti.

"Sianak ini pastilah anak pintar. Dibandingkan ilmu lainnya, ternyata dia lebih pintar mengolah ilmu alam. Ini yang seharusnya dispesialisasi orang tua," katanya.

Namun, jika penilaian smart music yang menonjol. Seharusnya orang tua bisa mengarahkannya ke sekolah musik. "Artinya orang tua tidak akan salah melakukan spesialisasi ilmu sang anak, sehingga yang diajarkan benar-benar sesuai dengan minat dan bakatnya," kata Siska.

Menurutnya, dibeberapa sekolah pola uji sidik jari sudah diterapkan. bahkan pihaknya pun sudah melakukan kerjasama khusus. Dia mencontohkan seperti di Sekolah Methodist 2 Palembang. Setiap siswa baru, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA wajib melakukan uji sidik jari. Uji ini dilakukan saat pertama kali masuk sekolah.

"Bahkan sudah dua tahun berjalan. Hasil uji ini menjadi panduan para guru dan orang tua dalam melakukan pembimbingan dan arah pendidikan anak. Jika dia SMA, paling tidak arahan jurusan mana yang bagus dipilih sesuai potensi anak," kata Siska.

Cara uji sidik jari juga tidak sulit. Siswa hanya wajib menempelkan tiga jarinya, yakni telunjuk, jari tengah dan ibu jari saja ke satu alat khusus. Nantinya alat itu langsung membaca guratan-guratan genetisnya dan hasilnya langsung keluar saat itu juga.

"Paling lama lima menit, hasilnya sudah kita ketahuinya. Nanti orang tua kita panggil dan kita jelaskan tentang hasil tesnya. Dari situ orang tua bisa lebih detail tahu tentang minat, bakat dan prestasi menonjol sang anak," kata dia.

Khusus di Methodist 2, uji sidik jari dilakukan tiga kali persemester dan semuanya gratis. Namun bagi siswa luar atau umum, bisa juga melakukan hal yang sama dengan biaya Rp 500 ribu satu kali tes.

"Kalau orang tua di luar sekolah ini, bisa juga yang ingin tes, bisa langsung datang ke kantor kita di Optima Brain dengan biaya Rp 500 ribu," katanya.

Sementara Kepala TK Methodist 2, Benny mengatakan hasil uji tes menjadi panduan pihaknya dalam memberikan pengajaran. "Karena program ini sudah jalan dua tahun, selama ini hasil uji tes hampir 90 persen sama dengan hasil sebenarnya di lapangan, ini panduan kita juga untuk mengarahkan bakat dan minat siswa," katanya.

Berita Selanjutnya